Jelaskan Pengertian Letak Geografis, Berikut Manfaat, Serta Pengaruhnya Terhadap Alam dan Penduduk di Indonesia

"Begini penjelasan tentang letak geografis di Indonesia"

Letak geografis adalah letak suatu daerah dilihat dari kenyataanya di bumi atau posisi daerah itu pada bumi dibandingkan dengan posisi daerah lain. Letak geografisnya ditentukan oleh letak astronomis dan letak geologis.

Secara geografis, Indonesia terletak di antara 2 samudera besar dunia, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, di antara 2 benua besar yaitu Benua Asia dan Benua Australia, dan pada pertemuan dua rangkaian pegunungannya, yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania.

Pada peta berikut dapat dilihat bahwa letak Indonesia sangat strategis dan luas sehingga menjadi jalur perdagangan dan transportasi dunia internasional.

Dimana di satu sisi merupakan hal yang menguntungkan bagi wilayah Indonesia, namun di sisi lain juga merupakan hal yang sangat merugikan negara Indonesia baik seperti pada bidang ekonomi, misalnya karena seringnya terjadi penyelundupan keluar masuknya barang dari dan keluar Indonesia.

Pengaruh Letak Geografis Terhadap Alam di Indonesia

Terletak diantara dua samudera dan dua benua, yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, serta Benua Asia dan Benua Australia menupakan letak geografis Indonesia. Pengaruh letak geografis tersebut adalah:

1) Iklim di Indonesia adalah iklim tropis dengan 2 musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau.

2) Letak Indonesia yang berada pada posisi silang mengakibatkan terjadinya aktivitas perdagangan, dimana letak ini merupakan jalur lalu lintas internasional dan menjadi tempat persinggahan kapal laut yang menempuh pelayaran antara Asia Timur dengan Asia Selatan, Asia Barat dengan Afrika dan Eropa.

3). Letak kepulauan Indonesia yang berdekatan dengan Benua Asia yang menyebabkan sosial budaya masyarakat Indonesia yang beragam, sehingga banyak menerima pengaruh dari benua tersebut.

Demikian juga dengan transportasi dan komunikasi yang mengglobal menjadikan sosial budaya masyarakat Benua Eropa dan Benua Amerika juga mempengaruhi keragaman sosial budaya di Indonesia.

Pengaruh Letak Geografis Terhadap Keadaan Penduduk di Indonesia

Letak Indonesia pada posisi silang (cross position) antara dua samudra dan dua benua sangat berpengaruh bagi kehidupan penduduk Indonesia, berikut penjelasannya: 

Indonesia berada diantara banyak negara berkembang, sehingga memiliki banyak mitra kerja sama.
Indonesia banyak dipengaruhi oleh kebudayaan asing, yakni dalam bidang bahasa, seni, agama dan peradaban.
• Lalu lintas pelayaran dan perdagangan di indonesia cukup ramai, sehingga mendukung perdagangan di indonesia.

Manfaat Letak geografis

Sistem koordinat lokasi geografis digunakan untuk mewakili lokasi tertentu di dunia. Karena garis bujur dan garis lintang membentuk koordinat di Bumi, kita dapat menentukan lokasi yang tepat hanya dengan dua koordinat tersebut. 

Karenanya, koordinat ini sangat berguna kapan pun untuk navigasi global. Perangkat pemosisian global, peta, dan layanan navigasi lainnya memberikan manfaat dari cara yang akurat untuk mencatat posisi suatu objek di bumi.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network