Jelaskan Pengertian Tempo Lagu, Pahami Ciri, Jenis, dan Cara Mempelajarinya

"Perhatikan penjelasan tempo lagu di bawah ini!"

Secara umum, pengertian tempo lagu adalah tanda pada lagu yang menandakan apakah sebuah lagu tersebut berjalan dengan lambat atau cepat.

Menurut Kamus Musik Pono Bone tempo adalah waktu dan kecepatan yang diperlukan dalam suatu musik, yang memiliki ukuran dan langkah tertentu. Sehingga setiap komposisi memiliki temponya sendiri, baik cepat, lambat maupun sedang.

Sementara itu, Allen Winold berpendapat bahwa tempo merupakan kecepatan beat yang terdapat dalam suatu komposisi musik.

Sejalan dengan itu, Soeharto mengatakan  tempo adalah tanda cepat dan lambatnya beat atau ketukan suatu musik. Sehingga bisa dipahami bahwa fungsi tempo adalah mengatur cepat lambatnya suatu komposisi musik dimainkan dalam waktu per menit.

Tempo lagu yang lebih tinggi berarti lagu yang lebih cepat, sedangkan tempo yang lebih rendah berarti lagu yang lebih lambat.

Tempo lagu digunakan untuk mengukur detak per menit, seberapa cepat, sedang atau lambat suatu musik dimainkan atau dinyanyikan. Lebih lengkapnya, simak ulasan tentang tempo lagu di bawah ini.

Ciri-ciri Tempo

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut adalah ciri-ciri dari tempo yang perlu kita pahami, yaitu:

1. Ditulis di Komposisi

Pada umumnya tempo ditulis di bagian atas teks komposisi musik dimana tempo akan menjelaskan jenis tempo apa yang sebaiknya dimainkan.

2. Menggunakan Metronome

Tempo adalah beat atau kecepatan dari suatu komposisi, maka alat untuk mengukur kecepatan tempo disebut dengan M.M. atau metronome malzel.

3. Penyebutan Tempo Berbeda

Ada tiga jenis penyebutan tempo, yaitu beat per minute (BPM), cara Italia, dan cara modern.

Jenis-jenis Tempo

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ada beberapa jenis dari tempo pada lagu. Nah, simak jenis-jenisnya berikut ini:

1. Tempo Lambat

Tempo lambat merupakan jenis tempo yang sangat lambat dan berhubungan dengan rasa sedih. Tempo lambat memiliki 6 jenis, yaitu argo, lento, adagio, grave, largeto, dan largissimo.

2. Tempo Sedang

Tempo sedang merupakan jenis tempo di mana nada dan ketukan yang dihasilkan tiap menit sedang dan tidak terlalu lambat. Tempo sedang memiliki 4 jenis, yaitu tipe moderato, andante, allegro moderato, dan andantino.

3. Tempo Cepat

Tempo cepat merupakan jenis tempo dengan ketukan yang cepat dan banyak. Tempo Cepat memiliki 6 jenis, yaitu allegro, vivase, allegratto, presto, presstissimo, dan allegrissimo.

Cara Belajar Tempo

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Agar kita mengerti sebuah tempo maka kita harus memiliki cara untuk mempelajarinya. Simak caranya berikut ini:

1. Memahami Ketukan

Cara pertama yang harus dilakukan adalah harus memahami ketukan. Pasalnya, setiap komposisi musik tentu memiliki ketukan yang berbeda.

2. Memahami Birama

Langkah berikutnya adalah harus memahami birama. Birama merupakan tanda yang menjadi petunjuk berapa ketukan dilakukan pada satu bar nada. Jadi ketika kita mempelajari birama, maka akan lebih mudah menentukan cepat lambatnya ketukan pada sebuah komposisi musik.

3. Memahami Tanda Jeda

Kemudian setelah kita memahami ketukan, birama, maka selanjutnya kita perlu belajar tanda jeda. Karena secepat apapun tempo pada suatu lagu, akan tetap ada jeda pada setiap bait atau baris nada.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network