Jelaskan Pengertian Permainan Tenis Meja, Ketahui Sejarah, Peralatan, Teknik Dasar, Cara Bermain, dan Ukuran Lapangannya

"Apakah permainan tenis meja itu? Perhatikan pembahasannya di bawah ini."

Secara umum, permainan tenis meja dapat diartikan sebagai sebuah permainan bola kecil dan permainan ini biasa dikenal sebagai pingpong.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tenis meja adalah permainan yang menggunakan bola pingpong dan bet (berlapis karet) sebagai pemukulnya dan meja yang dirancang khusus sebagai lapangannya.

Pada permainan tenis meja kita perlu lawan main. Pasalnya, tenis meja dimainkan oleh dua orang (single) berarti satu lawan satu atau empat orang (double) berarti dua lawan dua.

Permainan tenis meja biasanya dimainkan di dalam ruangan dengan menggunakan sebidang papan atau meja yang dibatasi net atau jaring pada bagian tengah.

Tenis Meja Menurut Para Ahli

Hutasuhud

Permainan tenis meja merupakan jenis olah raga yang dimainkan di atas meja di mana bola dibolak-balikkan segera dengan memakai pukulan. Permainan tenis meja boleh dimainkan dengan ide menghidupkan bola selama mungkin dan boleh juga dimainkan dengan ide secepat mungkin mematikan permainan lawan, tergantung dari tujuan permainan yang ingin dilakukan.

Abdoellah

Permainan tenis meja yaitu jenis permainan yang menggunakan meja sebagai tempat untuk memantulkan bola yang dipukul oleh seorang pemain dan bola yang dipukul tersebut harus melewati atas net atau jaring yang dipasang di tengah-tengah meja. Bola yang dipukul dan melewati net ini harus memantul pada meja pihak lawan, baru bola tersebut dapat dikembalikan oleh pihak lawan ke tempat semula dan juga harus melewati atas net.

Sarjana & Sunarto

Permainan tenis meja ialah jenis permainan bola tangkis di atas meja yang dimainkan oleh dua atau empat orang dengan menggunakan bet (raket kayu yang dilapisi karet) dan bola sebesar jeruk nipis. Di tengah-tengah meja terbentang tegak lurus net yang memisahkan bidang permainan pemain.

Margajaya

Permainan tenis meja adalah olahraga yang menggunakan meja sebagai tempat untuk memantulkan bola. Bola yang dipukul harus melewati net yang dipasang pada bagian tengah lapangan. Permainan ini berlaku untuk putra dan dengan bentuk tunggal (single), ganda (double), dan ganda campuran (mix double).

Sejarah Singkat Permainan Tenis Meja

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Di Inggris sejak tahun 1880-an permainan tenis meja dikenal. Pada waktu itu tenis meja digunakan sebagai alternatif permainan di dalam ruangan di saat musim dingin.

Permainan tenis meja dikembangkan oleh angkatan bersenjata Inggris. Pada abad ke-19, waktu itu namanya adalah gossima atau ping-pong. Kemudian, permainan tenis meja semakin digemari di Inggris dan Eropa pada umumnya. 

Pada masa itu, bola yang digunakan adalah karet ringan dan ditutupi dengan kulit yang dirajut. Istilah tenis meja sendiri muncul sekitar tahun 1921-1922.

Pada 1926 sebuah organisasi tenis meja internasional dibentuk setelah perwakilan pemain tenis meja dari berbagai negara, seperti Jerman, Hongaria serta Inggris berkumpul.

Organisasi tersebut diberi nama Federation Internationale de Tennis de Table atau International Table Tennis Federation (ITTF). Kejuaraan dunia untuk tenis meja, pertama kali diselenggarakan pada 1926 di London, Inggris.

Peralatan dalam Permainan Tenis Meja

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa peralatan yang dibutuhkan dalam permainan tenis meja, antara lain:

1. Bola

Bola pada permainan tenis meja terbuat dari bahan seluloid dan bisanya bola tersebut berwarna putih, tapi ada juga yang berwarna oranye.

2. Bet

Bet atau alat pemukul dalam permainan tenis meja. Bet harus terbuat dari kayu yang dilapisi karet.

3. Net

Net pada permainan tenis meja berfungsi sebagai pembagi meja menjadi dua bagian yang sama luas.

4. Meja Lapangan

Meja yang digunakan dalam permainan tenis meja berbentuk persegi panjang dan terbuat dari kayu dengan permukaan yang rata.

Teknik Dasar Permainan Tenis Meja

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Simak beberapa teknik dasar dalam permainan tenis meja berikut ini:

1. Teknik Memegang Bet

Secara garis besar pegangan bet dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu:

a. Pegangan seperti berjabat tangan (shakehand grip).
b. Pegangan seperti memegang tangkai pena (penholder grip).

2. Posisi Tubuh

a. Stance atau teknik siap siaga
b. Square stance
c. Side stance

3. Teknik Gerakan Kaki

Secara garis besar gerakan kaki adalah kondisional. Apabila jarak antara bola yang datang dengan posisi pemain sangat dekat, mungkin tidak usah melangkahkan kaki atau hanya satu langkah saja, namun jika agak jauh bisa dengan dua langkah atau tiga langkah.

4. Teknik Pukulan

a. Servis

Servis merupakan salah satu teknik yang paling penting dan juga merupakan kesempatan pertama untuk menguasai permainan dan memegang inisiatif.

b. Push

Push merupakan teknik memukul bola dengan gerakan mendorong dan sikap bet terbuka.

c. Chop

Chop merupakan teknik memukul bola dengan gerakan seperti menebang dengan kapak atau disebut juga gerakan membacok.

d. Drive

Drive merupakan teknik pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dari bawah serong ke atas dan sikap bet tertutup.

5. Top spin

Top spin merupakan drive stroke yang dikembangkan lebih lanjut. Jika drive stroke kekuatan diubah menjadi bentuk kecepatan, kalau top spin kekuatan diubah menjadi bentuk spin.

Cara Bermain Permainan Tenis Meja

TamanPendidikan.com

IMG_20221111_095541.jpg

Berbicara tentang cara bermain dalam permainan tenis meja ada sedikit perbedaan antara permainan tunggal dan ganda. Berikut simak beberapa perbedaan tersebut.

1. Permainan Tunggal

Berikut adalah peraturan permainan tenis meja tunggal, antara lain:

a. Setiap bola mati menghasilkan nilai satu.
b. Servis berganti pemain setiap mencapai poin kelipatan 2.
c. Pemegang servis bebas menempatkan bola dari segala penjuru lapangan.
d. Permainan satu set berakhir jika pemain mencapai nilai 11, dan kemenangan diraih jika mencapai 3 atau 4 kali kemenangan set.
e. Jika terjadi deuce, permainan berakhir jika selisih nilai adalah 2. Seperti: 15-13, 18-16

2. Permainan Ganda

Berikut adalah peraturan permainan tenis meja ganda, antara lain:

a. Setiap bola mati menghasilkan nilai satu.
b. Servis bergantian setiap poin kelipatan 2.
c. Pemain bergantian menerima bola dari lawan.
d. Pemegang servis hanya bisa menempatkan bola ke ruang kamar sebelah kanan lawan.
e. Permainan satu set berakhir jika pemain mencapai nilai 11, dan kemenangan diraih jika mencapai 3 atau 4 kali kemenangan set.
f. Jika terjadi deuce, permainan berakhir jika selisih nilai adalah 2. Seperti: 13-11, 15-17

Ukuran Lapangan Tenis Meja

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Perhatikan ukuran dari lapangan tenis meja berikut ini agar anda tidak kebingungan saat melakukan permainan tersebut:

1. Panjang : 2,74 meter
2. Lebar : 1,52 meter
3. Tinggi meja dari lantai : 76 cm
4. Tebal meja : 3 cm
5. Lebar garis sisi : 1 cm
6. Tinggi net : 15,25 cm


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network