Mengapa iPhone 16 Dilarang Beredar di Indonesia?

"Menteri Perindustrian menjelaskan status ilegal iPhone 16 di Indonesia dan faktor-faktor penyebabnya."

Mengapa iPhone 16 Dilarang Beredar di Indonesia?

Daftar Isi

Status Ilegal iPhone 16

Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan bahwa iPhone 16 series saat ini masih berstatus ilegal di Indonesia. Hal ini disebabkan karena Kementerian Perindustrian belum menerbitkan izin International Mobile Equipment Identity (IMEI) untuk ponsel terbaru dari Apple tersebut.

"Kalau ada iPhone 16 yang beroperasi di Indonesia, artinya itu ilegal. Laporkan kepada kami, karena Kemenperin belum mengeluarkan izin IMEI," ujar Agus di kantornya pada Selasa, 22 Oktober 2024.

Penyebab iPhone 16 Belum Beredar di Indonesia

Agus menjelaskan bahwa Apple masih harus memenuhi komitmen investasi yang telah disepakati dengan pemerintah Indonesia. Salah satu syaratnya adalah memenuhi nilai tingkat komponen dalam negeri (TKDN) sebesar 40 persen. Tanpa memenuhi syarat ini, iPhone 16 tidak dapat beredar secara legal di Tanah Air.

"Mereka masih harus merealisasikan komitmen yang sudah disepakati antara kami dengan mereka," tambah Menperin.

Proses Penerbitan IMEI di Indonesia

Proses penerbitan IMEI melibatkan tiga instansi, yaitu Kemenperin, Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan, dan Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi). Meskipun ketiga lembaga ini terlibat, Kemenperin tetap memiliki peran penting dalam memastikan bahwa TKDN iPhone terpenuhi.

Agus mengingatkan bahwa produk iPhone 16 yang masuk tanpa izin IMEI dari Kemenperin adalah ilegal. Ia juga mengimbau masyarakat untuk melaporkan jika menemukan HP iPhone 16 yang beredar tanpa izin resmi.

Masalah yang Dihadapi Pengguna iPhone 16

Pengguna iPhone 16 dan iPhone 16 Plus melaporkan berbagai masalah, termasuk perangkat yang nge-freeze, lemot, dan restart sendiri. Masalah ini muncul setelah peluncuran iPhone 16 pada September lalu, dan meskipun Apple telah merilis update software, masalah tersebut belum sepenuhnya teratasi.

Di berbagai forum online, banyak pengguna mengeluhkan perangkat mereka yang mengalami crash dan masalah pada layar sentuh. Beberapa pengguna bahkan melaporkan bahwa iPhone 16 Pro mereka mengalami crash hingga 20 kali sehari.

Komentar dari Apple

Hingga saat ini, Apple belum memberikan pernyataan resmi mengenai masalah yang dihadapi oleh pengguna iPhone 16. Pengguna hanya bisa menunggu update software selanjutnya untuk mengatasi masalah yang ada.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network