Apa Rencana Menteri Basuki untuk Mitigasi Banjir Bandang di Ternate?

"Menteri Basuki Hadimuljono tinjau lokasi banjir bandang di Rua Ternate dan umumkan rencana pembangunan Bendung Sabo untuk mitigasi bencana."

Daftar Isi

Tinjauan Lokasi Banjir Bandang

Ternate - Pada Selasa, 3 Agustus 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan tinjauan di lokasi banjir bandang yang terjadi di Kelurahan Rua, Kota Ternate, Maluku Utara. Dalam kunjungan ini, beliau didampingi oleh Wali Kota Ternate, Tauhid Soelaiman, dan anggota DPR RI Komisi V, Irine Yusiana Roba Putri.

Rencana Pembangunan Bendung Sabo

Basuki mengumumkan rencana pembangunan Bendung Sabo, sebuah sistem yang dirancang untuk mengendalikan bencana alam seperti banjir bandang, aliran material vulkanik, dan pergerakan tanah. Bendung ini akan dibangun pada jalur aliran di pegunungan dan diharapkan dapat meminimalisir dampak bencana di masa mendatang.

“Pembangunan ini rencananya akan kami percepat. Sementara ini kita buat sabo dam yang didesain pada September, Oktober, dan November ini,” ungkap Basuki. Bendung Sabo di sungai mati di Ternate akan berfungsi untuk mengatur aliran air deras dan menghentikan laju endapan, sehingga bagian hilir tidak banyak terdampak oleh potensi bencana.

Strategi Pemerintah dalam Mitigasi Bencana

Dalam upaya menormalisasi kali di Ternate, ada dua cara yang akan dilakukan. Pertama, mengubah jalur sungai yang awalnya tidak lurus menjadi lurus. Kedua, membangun sabo dam yang berfungsi mengendalikan lahar atau banjir saat hujan lebat. Basuki menambahkan, “Alur material banjir itu harus kami buat. Untuk sabo dam, tahun ini juga akan kami desain. Sementara kita hitung dulu anggarannya.”

Wali Kota Ternate, Tauhid Soelaiman, juga menegaskan bahwa pihaknya telah memaksimalkan upaya penanganan banjir bandang dengan mengerahkan semua personil bencana di lokasi. Pemerintah Kota Ternate telah mengidentifikasi lokasi untuk relokasi korban bencana banjir di Rua dan berkomitmen untuk terus melakukan proses tersebut.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network