Apa yang Terjadi Saat Gempa M4,9 Mengguncang Kalimantan Utara?

"Gempa M4,9 mengguncang Kalimantan Utara, terasa di Tanjung Selor dan Berau. Simak informasi lengkapnya di sini."

Daftar Isi

Informasi Gempa

Jakarta - Pada Rabu, 21 Agustus 2024, pukul 07.01 WIB, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa gempa tektonik dengan kekuatan 4,9 skala Richter mengguncang wilayah Bulungan, Kalimantan Utara. Lokasi episenter gempa ini terletak pada koordinat 2,47° LU dan 116,85° BT, tepatnya di darat pada jarak 50 kilometer arah barat daya Bulungan dengan kedalaman 51 kilometer.

Reaksi Masyarakat

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Kelas I BMKG Manado, Tony Agus Wijaya, gempa ini dirasakan di beberapa daerah. Di Tanjung Selor, guncangan dirasakan pada skala III MMI, yang berarti getaran terasa nyata dalam rumah, seolah ada truk besar yang melintas. Sementara itu, di Berau dan Tana Tidung, getaran dirasakan pada skala II-III MMI, di mana banyak orang merasakan guncangan dalam rumah, jendela berderik, dan dinding berbunyi. Di Tarakan, getaran dirasakan pada skala II MMI, hanya oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang bergoyang.

Imbauan BMKG

Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa ini. Tony mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak jelas kebenarannya. Ia juga meminta agar masyarakat menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. Sebelum kembali ke rumah, pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa dan tidak ada kerusakan yang membahayakan. Informasi resmi hanya dapat diperoleh dari BMKG melalui kanal komunikasi yang telah terverifikasi.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network