Apa saja modus terbaru penipuan di WhatsApp yang harus diwaspadai?

"Kenali modus terbaru penipuan di WhatsApp agar tidak menjadi korban. Pelajari cara penipu beroperasi dan tips melindungi diri."

Apa saja modus terbaru penipuan di WhatsApp yang harus diwaspadai?

Daftar Isi

  1. Modus Terbaru Penipuan
  2. Cara Kerja Penipu
  3. Tips Melindungi Diri

Modus Terbaru Penipuan

Penipuan melalui WhatsApp semakin marak dan banyak menimbulkan korban. Para penipu kini menggunakan berbagai modus baru, seperti mengaku sebagai teman atau kerabat yang membutuhkan bantuan mendesak. Mereka juga sering menyamar sebagai pihak resmi, seperti bank atau layanan pemerintah, untuk mendapatkan informasi pribadi.

Cara Kerja Penipu

Penipu biasanya memulai dengan mengirimkan pesan yang tampak normal. Setelah mendapatkan perhatian, mereka akan menciptakan situasi mendesak yang membuat korban merasa harus segera bertindak. Misalnya, mereka bisa mengklaim bahwa akun WhatsApp korban telah diblokir dan meminta verifikasi data pribadi.

Tips Melindungi Diri

Selalu waspada terhadap pesan yang mencurigakan. Jangan sembarangan memberikan informasi pribadi, seperti nomor rekening atau kata sandi. Jika menerima pesan yang mencurigakan, sebaiknya konfirmasi langsung kepada orang yang bersangkutan melalui saluran komunikasi lain. Selain itu, aktifkan fitur keamanan tambahan di akun WhatsApp Anda.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network