Muda Mudi Belajar Bawa Nampan dengan Jalan Jongkok Ini Viral

"Sekelompok pemuda tengah belajar membawa nampan dengan jalan berjongkok"

Sekelompok pemuda tengah belajar membawa nampan dengan jalan berjongkok. Tata cara menyuguhkan makanan atau minuman di atas nampan untuk tamu ini benar-benar harus menjaga keseimbangan.

Video sekelompok muda mudi belajar bawa nampan dengan jongkok ini diunggah oleh akun @undercover.id di Instagram. Di awal video, nampak bapak-bapak berbaju batik dan berpeci memberi contoh jalan berjongkok. Muda-mudi dengan seksama mengamati bapak-bapak tersebut.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/undercover.id/

Di lanjutan video, terlihat bapak-bapak ini lalu memperagakan membawa nampan. Di ats nampan itu tertata gelas kaca dan tisue. Bapak ini memperagakan tutorial mulai dari jongkok sampai berjalan dengan jongkok.

Terlihat bapak-bapak tersebut begitu piawai membawa nampan. Ia mampu menjaga keseimbangan. Tak hanya itu, bapak ini juga mempraktikkan adab membagi gelas minuman ke tamu.

Usai memperagakan cara membawa nampan dengan jalan jongkok, nampak sejumlah pemuda berlatih sesuai arahan bapak-bapak yang beri contoh. Latihan membawa nampan ini dilakukan di dalam ruangan. Para muda-mudi ini nampak antusias.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/undercover.id/

Video sekelompok muda mudi belajar bawa nampan dengan jongkok ini telah ditonton sebanyak 81 ribu kali tayangan. Video ini mendapat apresiasi positif dari warganet.

"Keren, tata krama cara menyuguhkan sesuatu kepada tamu. Budaya kek gini dah mulai redup, semenjak ada meja prancis, hidangan tinggal ambil sendiri tidak pakek talam lagi," komentar @vijoelstrange.

"Mantan abdi dalem keraton ❤️ etika dan estetikanya dapet bgt," kesan @lintang_nurcahyo.

"Ini namanya "laku dodok", spt yg dilakukan abdi dalem keraton kalau menghadap raja, atau orang yg dituakan, sebagai bentuk penghormatan... di beberapa daerah masih berlaku tradisi menyuguhkan hidangan ke tamu dgn cara spt ini, terutama di daerah2 di Jogja," komentar @ninik52.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network