Jelaskan Pengertian Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Pahami Tujuan dan Faktor yang Mempengaruhinya

"Simak ulasan tentang kesehatan dan keselamatan kerja di bawah ini!"

Secara umum, kesehatan dan keselamatan kerja dapat didefinisikan sebagai salah satu upaya untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat, bebas dari pencemaran lingkungan, sehingga dapat mengurangi dan atau bebas dari kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja.

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012, pengertian keselamatan dan kesehatan kerja atau K3 adalah segala kegiatan untuk menjamin dan  melindungi  keselamatan  dan  kesehatan  tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

OHSAS 18001 mengatakan bahwa keselamatan dan kesehatan kerja (K3) adalah segala kegiatan untuk menjamin dan  melindungi  keselamatan  dan  kesehatan  tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

Sementara itu, ILO menjelaskan bahwa keselamatan dan kesehatan kerja (K3) adalah sebuah ilmu untuk antisipasi, rekoginis, evaluasi dan pengendalian bahaya yang muncul di tempat kerja yang dapat berdampak pada kesehatan dan kesejahteraan pekerja, serta dampak yang mungkin bisa dirasakan oleh komunitas sekitar dan lingkungan umum.

Kesehatan dan Keselamatan Kerja Menurut Para Ahli

Mangkunegara

Keselamatan dan kesehatan kerja adalah suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmaniah maupun rohaniah tenaga kerja pada khususnya, dan manusia pada umumnya, hasil karya dan budaya untuk menuju masyarakat adil dan makmur.

Ridley

Kesehatan dan keselamatan kerja adalah suatu kondisi dalam pekerjaan yang sehat dan aman baik itu bagi pekerjaannya, perusahaan maupun bagi masyarakat dan lingkungan sekitar pabrik atau tempat kerja tersebut.

Simanjuntak

Keselamatan kerja adalah kondisi keselamatan yang bebas dari resiko kecelakaan dan kerusakan dimana kita bekerja yang mencakup tentang kondisi bangunan, kondisi mesin, peralatan keselamatan, dan kondisi pekerja.

Suma’mur

Keselamatan kerja merupakan rangkaian usaha untuk menciptakan suasana kerja yang aman dan tentram bagi para karyawan yang bekerja di perusahaan yang bersangkutan.

Jackson

Kesehatan dan keselamatan kerja menunjukkan kepada kondisi-kondisi fisiologis-fisikal dan psikologis tenaga kerja yang diakibatkan oleh lingkungan kerja yang disediakan oleh perusahaan.

Tujuan Kesehatan dan Keselamatan Kerja

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berdasarkan UU No. 1 Tahun 1970 tentang keselamatan kerja, adapun tujuan Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang berkaitan dengan mesin, peralatan, landasan tempat kerja dan lingkungan tempat kerja adalah sebagai berikut:

1. Mencegah terjadinya kecelakaan dan sakit akibat kerja
2. Memberikan perlindungan pada sumber-sumber produksi sehingga dapat meningkatkan efiensi dan produktivitas.

Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan dan Keselamatan Kerja

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan dan keselamatan kerja, antara lain adalah:

1. Penyusunan barang-barang yang berbahaya yang kurang diperhitungkan keamanannya.
2. Ruang kerja yang terlalu padat dan sesak.
3. Pembuangan kotoran dan limbah yang tidak pada tempatnya.
4. Pengaman peralatan kerja yang sudah usang atau rusak.
5. Penggunaan mesin tanpa pengaman yang baik.

Penyebab Kecelakaan Kerja

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ada beberapa faktor penyebab terjadinya kecelakaan kerja apabila tidak menerapkan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) dengan tepat, yaitu:

1. Beban Kerja

Beban kerja merupakan beban fisik, mental dan sosial, sehingga penempatan pegawai sesuai dengan kemampuannya perlu diperhatikan

2. Kapasitas Kerja

Kapasitas Kerja yang bergantung pada tingkat Pendidikan, keterampilan, kebugaran jasmani, ukuran tubuh ideal, keadaan gizi dsb

3. Lingkungan Kerja

Lingkungan Kerja yang berupa faktor fisik, kimia, biologi,ergonomic ataupun psikososial.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network