Jelaskan Pengertian Globalisasi, Pahami Ciri, Penyebab, serta Dampaknya

"Perhatikan penjelasan berikut ini!"

Globalisasi adalah tersebar luasnya suatu nilai pengetahuan dan kebudayaan yang ada di setiap penjuru dunia ke penjuru dunia yang lain sehingga tidak jelas lagi batas-batas yang jelas dari suatu negara.

Menurut Jan Aart Scholte yang menyebutkan bahwa globalisasi ialah proses meningkatnya interdependensi antara aktor negara dan non-negara pada skala global.

Sehingga hubungan sosial dalam suatu masyarakat secara signifikan dibentuk dan dipengaruhi dimensi hubungan sosial yang lebih luas pada skala dunia.

Lalu, Selo Soemardjan mengatakan bahwa globalisasi adalah terbentuknya sebuah komunikasi dan organisasi di antara masyarakat satu dengan yang lainnya yang berbeda di seluruh dunia yang memiliki tujuan untuk mengikuti kaidah-kaidah baru yang sama.

Kemudian, Ritzer berpendapat bahwa globalisasi merupakan penyebaran kebiasaan-kebiasaan yang mendunia dan ekspansi hubungan yang melintasi benua. Proses tersebut bisa menciptakan organisasi kehidupan sosial pada skala global, serta pertumbuhan sebuah kesadaran global bersama.

Sederhananya, globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena adanya pertukaran pandangan dunia, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya.

Adanya kemajuan dalam segala bidang, merupakan faktor utama dalam globalisasi yang semakin mendorong saling ketergantungan (interdependensi) dalam aktivitas ekonomi dan budaya.

Ciri Globalisasi

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Di bawah ini adalah beberapa ciri dari globalisasi yang bisa kita pahami, yaitu:

1. Informasi sangat mudah untuk menyebar luas.
2. Batas antarnegara semakin menipis.
3. Kegiatan perdagangan semakin luas.

Penyebab Globalisasi

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ada beberapa penyebab terjadinya globalisasi yang perlu kita pahami, yaitu:

1. Ekonomi terbuka

Perdagangan global dengan negara-negara di dunia semakin terbuka satu sama lain maka pertukaran produk dari satu negara ke negara lain mudah terjadi.

Ketika hal tersebut terjadi, bisa saja akan mempengaruhi negara lain untuk meniru unsur nilai budaya yang berada di barang tersebut.

2. Perkembangan teknologi

Mudah dan canggihnya teknologi masa kini membuat semuanya serba mudah dan fleksibel. seperti saat kita melakukan proses jual beli antar negara. Saat ini kita bisa transaksi tanpa tatap muka.

3. Adanya kerja sama internasional

Adanya kerja sama internasional akan meningkatkan jumlah produk yang masuk dari luar negeri dan juga sebaliknya. Di sini proses globalisasi akan terus terjadi di sektor perdagangan internasional.

4. Kemudahan transportasi

Pengiriman barang dan jasa antar negara menjadi lebih mudah sehingga banyak produk asing yang masuk dan menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat. Saat itu terjadi, masyarakat biasanya akan mengadaptasi hal tersebut dan dari sini akan terjadi penggabungan suatu kebudayaan.

Dampak Globalisasi

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut adalah dampak positif dan negatif dari adanya globalisasi:

1. Dampak Positif

a. Ilmu pengetahuan yang semakin pesat.
b. Semangat kerja meningkat.
c. Penyebaran informasi tidak dibatasi oleh jarak antar negara.
d. Masyarakat semakin maju.
e. Pertukaran budaya.
f. Pasar semakin luas.
g. Terjalinnya hubungan internasional antar negara yang semakin baik.

2. Dampak Negatif

a. Lunturnya nilai-nilai kebudayaan asli masyarakat.
b. Ketergantungan terhadap negara maju.
c. Kehidupan pertanian yang mulai ditinggalkan.
d. Membanjirnya produk impor.
e. Masuknya pola hidup dari negara barat.
f. Kerusakan lingkungan.
g. Lapangan kerja semakin sempit.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network