Jelaskan Pengertian Sabar, Berikut Dalil, Jenis, serta Keutamaannya

"Apa itu Sabar? Simak pembahasannya di bawah ini."

Sabar secara bahasa sabar adalah al habsu yang berarti menahan diri. Sedangkan, menurut syar’i, sabar adalah menahan diri dalam tiga perkara, yaitu ketaatan kepada Allah, hal-hal yang diharamkan, takdir Allah yang dirasa pahit (musibah).

Di Kitab Manazil as-Sairin, Abu Ismail al Harawi berpendapat bahwa sabar adalah menahan diri dari hal-hal yang tidak disenangi dan menahan lisan agar tidak mengeluh dan sabar yang paling lemah adalah sabar karena Allah Swt.

Allah Swt berfirman dalam Q.S. Ali Imron 200, artinya: "Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung."

Sabar merupakan sebuah kunci dalam menyelesaikan berbagai masalah kehidupan. Jadi, semakin besar kesabaran seseorang, maka semakin kuat pula ia dalam menghadapi sebuah persoalan.

Dalil tentang Sabar

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Al Quran Surat Al Baqarah Ayat 153

Artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar."

Al Quran Surat Ibrahim ayat 5

Artinya:

"Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Musa dengan membawa ayat-ayat Kami, (dan Kami perintahkan kepadanya): ‘Keluarkanlah kaummu dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dan ingatkanlah mereka kepada hari-hari Allah’. Sesunguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi setiap orang penyabar dan banyak bersyukur."

Al Quran Surat Al Baqarah Ayat 153

Artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar."

Al Quran surat An Nahl ayat 96

Artinya:

"Apa yang ada di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan Kami pasti akan memberi balasan kepada orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan."

Al Quran Surat Az-Zumar Ayat 10)

Artinya:

Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas."

Jenis-jenis Sabar

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa macam sabar di dalam Islam, kesabaran ini yang harus dimiliki bagi setiap muslim, antara lain:

1. Sabar saat menerima musibah

Setiap muslim harus mampu bersikap sabar saat menghadapi ujian hidup, serta tetap semangat dan tidak mudah putus asa.

2. Sabar dalam menjauhi larangan Allah

Setiap muslim harus mampu bersabar dalam upaya menghindari setiap segala sesuatu yang dilarang oleh Allah Swt.

3. Sabar dalam menjalankan kewajiban-kewajiban Allah

Setiap muslim harus senantiasa sabar dalam menjalankan setiap perintah dan kewajiban dari Allah Swt.

4. Sabar untuk tidak maksiat

Setiap saat pasti seorang muslim selalu mendapat godaan dari setan untuk melakukan maksiat dari dosa-dosa yang tidak sengaja ataupun disengaja. Maka dari itu seorang muslim harusnya sabar untuk menahan diri.

Keutamaan Sabar

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ketika kita mampu menerapkan sebuah kesabaran, maka kita akan mendapatkan hikmah atau keutamaan dari hal tersebut. Berikut ini adalah keutamaan ketika kita mampu bersikap sabar, yaitu:

1. Memetik Hikmahnya 

Saat kita dihadapkan dengan sebuah masalah, sering kali kita akan terbawa emosi. Namun, jika kita menghadapinya dengan sabar serta menerima bahwa setiap permasalahan merupakan terjadi karena kehendak Allah Swt. Maka, kita akan mengambil hikmah dari masalah hidup tersebut.

2. Mendapat Pahala

Ketika kita mampu bersabar, Allah berjanji akan menganugerahkan pahala kepada umat-Nya yang sabar.

3. Allah SWT akan menjadikannya orang mulia (mujtaba)

Saat kita mampu menjaga kesabaran saat menganghadapi ujian, maka Allah Swt akan menjadikannya orang mulia (mujtaba).

4. Allah SWT akan menjadikannya sebagai orang pilihan yang istimewa (musthafa)

Saat kita mampu menjaga kesabaran saat menganghadapi ujian dengan sebuah kerelaan, maka Allah Swt akan menjadikannya sebagai orang pilihan yang istimewa (musthafa).


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network