Jelaskan Pengertian Melodi, Berikut Unsur-Unsur dan Gerakannya

"Bagi kalian yang belajar musik. Kalian wajib tahu tentang melodi!"

Melodi adalah suatu rangkaian nada yang terbentuk dari perubahan-perubahan harga nada dalam kaitannya dengan irama, tempo, bentuk dan sebagainya.

Melodi merupakan elemen musik yang terdiri dari pergantian berbagai suara yang menjadi satu kesatuan, di antaranya adalah satu kesatuan suara dengan penekanan yang berbeda, intonasi dan durasi yang hal ini akan menciptakan sebuah musik yang enak didengar.

Melodi sering terdiri dari satu atau lebih frasa musik atau motif, dan biasanya diulang-ulang dalam lagu dalam berbagai bentuk.

Melodi juga dapat digambarkan oleh gerak melodis mereka atau nada atau interval (terutama yg diperbantukan atau terpisah-pisah atau dengan pembatasan lebih lanjut), rentang pitch, dan melepaskan ketegangan, kontinuitas dan koherensi, irama, dan bentuk.

Bagi kalian yang sedang menekuni pembelajaran musik, pasti kamu tahu bahwa musik memiliki beberapa unsur, seperti harmoni, melodi, dan irama. Ketiga unsur ini saling memiliki kaitan antara satu sama lain.

Ketiga unsur tersebut saling membutuhkan satu sama lain untuk dapat menghasilkan sebuah komposisi musik yang baik dan indah untuk didengar.

Pengertian Melodi Menurut Para Ahli

1. Jamalus (1998)

Melodi adalah susunan rangkaian nada ( bunyi dengan rangkaian teratur) yang terdengar berurutan serta berirama dan mengungkapkan suatu gagasan pikiran dan perasaan.

2. Ensiklopedi musik (1992)

Melodi adalah naik turunnya harga nada yang seyogyanya dilihat sebagai gagasan inti musikal, yang sah menjadi musik bila ditunjang dengan gagasan yang memadukanya dalam suatu kerja sama dengan irama, tempo, bentuk dan lain-lain.

Berdasarkan pengertian-pengertian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa melodi adalah suatu rangkaian nada yang terbentuk dari perubahan-perubahan harga nada dalam kaitannya dengan irama, tempo, bentuk dan sebagainya.

Unsur-Unsur Melodi

1. Bunyi

Bunyi adalah peristiwa getaran yang disebabkan oleh objek yang bergetar. Oleh karena itu, bunyi mencapai telinga manusia melalui udara. Bunyi dapat dibagi menjadi 2, antara lain:

a. Nada adalah bunyi yang getarannya teratur baik dalam durasi maupun kecepatan getaran.
b. Gaduh adalah suara yang memiliki getaran yang sangat tidak teratur dan sering berubah selama durasi dan kecepatan getaran.

2. Notasi Melodi

Notasi melodik dibagi menjadi notasi huruf (do re mi fa so la si do), notasi huruf (musik) (cdefgabc), notasi numerik (1 2 3 4 5 6 7) dan notasi musik (dalam bentuk titik-titik dan garis lainnya), Notasi tersebut berisi elemen seperti garis staf, catatan, arah kutub, titik di samping catatan, susunan catatan pada garis dan ruang yang tidak dapat dipisahkan.

3. Tangga Nada Dianotis

Tangga nada adalah pengaturan di mana kelas memiliki jarak tertentu antara kelas dan kelas lainnya. Dalam hal ini ada berbagai jenis skala, mis. B. skala diatonis berjarak satu setengah nada terpisah.

Timbangan dibagi menjadi dua, yaitu H. utama (kisaran: 11½111½) dan minor (kisaran: 1½11½11).

Selain diatonis, skala kromatik (Inggris) dengan spasi setengah nada, skala Debussy dengan spasi satu nada dan skala Pelog dan Slendro (skala untuk area yang menggunakan ukuran atau jarak terpisah yang telah ditentukan) digunakan dalam bahasa Sunda, Jawa, dan Musik gamelan Bali.

4. Tanda Kromatis

Tanda kromatis adalah karakter yang digunakan untuk mengubah kelas menjadi ½ kelas lebih tinggi (jumlah kapal pesiar), ½ kelas lebih rendah (tanda Mol b) atau untuk membawa kelas kembali ke nada aslinya (token).

5. Interval

Interval merupakan sarak antar nada satu dengan nada lainnya. Setiap interval memiliki nama yang dalam nama tersebut menggambarkan kuantitas dan kualitas.

Dalam sebuah tangga nada Anda bisa mendapatkan tujuh buah interval diantaranya adalah sebagai berikut.

Dari nada C ke C disebut sebagai prime, dari C ke D disebut sekon, C ke E disebut terts, C ke F disebut kuart, C ke G adalah kuint, C ke A disebut sekt, C ke B disebut seprim dan C ke C’ (tinggi) disebut sebagai oktaf.

Gerak Melodi

Saat belajar tentang melodi. Anda juga harus tahu gerak melodi. Pergerakan melodi berlangsung sesuai dengan periode waktu yang singkat dan berlangsung dalam dua dimensi, yaitu dimensi nada dan waktu. 

Berikut tiga jenis gerakan melodi yang bisa kita pelajari, yaitu:

1. Gerak melodi melompat: Ketika nada dan skala tidak berurutan saat bernyanyi.
2. Gerak melodi mendatar: Ketika formulir not dinyanyikan pada titik yang sama.
3. Gerak melodi melangkah: ketika semua not pada skala dinyanyikan satu demi satu.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network