Jelaskan Pengertian Energi, Ketahui Manfaat Serta Sumbernya

"Apa itu energi? Simak ulasannya berikut ini"

Energi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kemampuan untuk melakukan kerja (misalnya untuk energi listrik dan mekanika) atau daya (kekuatan) yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan.

Alvin Hadiwono menjelaskan bahwa energi merupakan perihal tentang apapun yang bergerak, berhubungan dengan ruang dan waktu.

Energi ialah sesuatu yang dibutuhkan oleh benda agar benda dapat melakukan usaha. Pada kenyataannya setiap dilakukan usaha selalu ada perubahan. Sehingga usaha juga didefinisikan sebagai kemampuan untuk menyebabkan perubahan (Arif Alfatah dan Muji Lestari).

Lalu, Campbell, Reece, dan Mitchell mengatakan bahwa energi yaitu kemampuan untuk mengatur ulang suatu kumpulan materi atau dengan kata lain, energi adalah kapasitas atau kemampuan untuk melaksanakan kerja.

Manfaat Energi

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa manfaat energi dalam kehidupan manusia, antara lain:

1. Energi air

Aliran air akan dimanfaatkan untuk memutar turbin yang dihubungkan dengan generator. Kemudian generator yang berputar akan menghasilkan energi listrik.

2. Energi cahaya matahari

Cahaya matahari dapat membantu tumbuh untuk berkembang melakukan fotosintesis.

3. Energi listrik

Energi listrik dapat dimanfaatkan, untuk menyalakan TV, radio, kipas angin, lemari pendingin dan alat elektronik lainnya.

4. Energi angin

Angin dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik dengan menggunakan alat aerogenerator yang dipasang di lapangan terbuka.

5. Energi bunyi

Energi bunyi dapat dimanfaatkan untuk mengukur kedalaman laut, pembuatan alat pengeras suara, dan mendeteksi keretakan pada logam.

Sumber Energi

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa sumber energi yang perlu kita ketahui, antara lain:

1. Energi Alternatif

Sumber energi terbaharui (renewable) dapat didefinisikan sebagai sumber energi yang dapat dengan cepat diisi kembali oleh alam, proses berkelanjutan.

2. Sumber Energi Tak terbaharui

Sumber energi tidak terbaharui (nonrenewable) dapat didefinisikan sebagai sumber energi yang tidak dapat diisi atau dibuat kembali oleh alam dalam waktu yang singkat, bukan proses berkelanjutan.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network