Video Pemerintah China Lakukan Tes PCR Pada Ikan Hasil Tangkapan Nelayan Ini Viral

"Tes PCR dilakukakan pada ikan-ikan tangkapan nelayan itu merupakan langkah pemerintah setempat untuk mencegah penyebaran virus corona varian omicron."

Tes PCR di China tidak hanya diberlakukan kepada manusia saja. Bahkan ikan pun harus menjalani tes PCR untuk menguji apakah terkena Covid atau tidak. Hal itu diketahui setelah sebuah video tes PCR dilakukan kepada ikan tersebar luas di sosial media.

Video viral beredar di China menunjukkan petugas memasukkan alat tes PCR ke ikan-ikan hidup hasil tangkapan nelayan. Peristiwa tersebut terjadi di Xiamen, sebuah destinasi wisata yang terkenal di Provinsi Fujian.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/Chb2gwhJikz/

Melansir South China Morning Post, tes PCR dilakukakan pada ikan-ikan tangkapan nelayan itu merupakan langkah pemerintah setempat untuk mencegah penyebaran virus corona varian omicron. Tes PCR itu dilakukan kepada nelayan yang selesai menangkap ikan.

Uniknya, tes PCR juga diberlakukan kepada ikan-ikan hasil tangkapan mereka. Staf dari Pengembangan Kelautan Kota Xiamen menjelaskan alasan kenapa ikan-ikan tersebut harus melewati tes PCR.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/Chb2gwhJikz/

"Bukan kami saja yang melakukan ini. Kami mengambil pelajaran dari Hainan, yang mengalami wabah serius," ucapnya kepada SCMP.

"Di sana (Hainan) kemungkinan dipicu oleh transaksi produk laut antara nelayan setempat dan hasil laut mereka," imbuhnya.

Dalam video tersebut nampak petugas medis dengan APD (Alat Pelindung Diri) mengusapkan alat tes PCR ke ikan dan kepiting. Hasil laut itu masih dalam keadaan hidup. Laporan BBC menyebutkan, dalam beberapa pekan terakhir, komite distrik Pengendalian Pandemi Maritim Jimei di Xiamen telah mengeluarkan aturan khusus.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/Chb2gwhJikz/

Aturan tersebut mewajibkan nelayan yang kembali setelah melaut harus dites PCR, begitu pula dengan hasil lautnya seperti ikan, kepiting, dan sebagainya.

video ini kemudian diunggah ulang oleh akun instagram @statusfakta. Video ini pun mendapat beragam komentar.

"πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ kl yg di tangkep ikan teri gmn," tulis akun @dickypangestu07

"Orang disana dapat ikan langsung dimakan kali yak 🀨 disini harus dicuci dulu dibersihkan jeroanya + dibelah lebar baru dimasukin minyak panas untuk digoreng," tulis akun @harmawansyahawie.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/Chb2gwhJikz/

"Lah nanti ikan nya di goreng, bakteri dan virus mati diminyak panasπŸ˜‚," tulis akun @daniezxv95.

"Klw ikannya kena virus apakah lautnya bakal di karantina," tulis akun @whys2574.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network