Terlalu Semangat Saat Lomba Tarik Tambang, Bocah Ini Nangis Tak Terima Kalah

"Tampaknya dia sangat ingin menjadi pemenang dalam permainan tersebut, sehingga saat mengalami kekalahan, si bocah langsung menangis tersedu-sedu."

Tarik tambang merupakan salah satu jenis perlombaan yang memang lazim dilakukan saat perayaan hari Kemerdekaan RI 17 Agustus. Berdasarkan sejarahnya, tarik tambang berasal dari kebudayaan kuno China, India, dan Mesir. Menurut Buku Dinasti Tang, tarik tambang sudah ada di kebudayaan China sejak abad ke-8 sebelum Masehi. Namun, tarik tambang bukan sebagai olahraga, melainkan cara untuk melatih tentara militer Negara Chu. Tarik tambang baru menjadi permainan sejak pemerintah Kaisar Xuanzong.

Sementara itu, di India disebutkan bahwa tarik tambang mulai dikenal pada abad ke-12 sebelum Masehi. Hanya saja, belum jelas fungsi tarik tambang pada era tersebut. Catatan lain menyebut bahwa tarik tambang mulai dikenal sebagai olahraga atau permainan di Olimpiade yang digelar bangsa Yunani pada 500 tahun sebelum Masehi. Tarik tambang juga digunakan untuk melatih kekuatan fisik orang-orang pada masa itu. Setelah itu, tarik tambang jadi mendunia.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/ChZcF3KFdH3/

Cara bermain tarik tambang yaitu membentuk dua tim, lalu masing-masing anggota tim berdiri di wilayah masing-masing dengan membuat jarak antar anggota tim untuk nantinya menarik tali. Kemudian, masing-masing kelompok akan saling menarik tambang ke arah berbeda.

Penilaian tarik tambang untuk kelompok yang menang adalah mereka yang berhasil menarik tambang sampai lawan masuk ke area tim. Sebaliknya, tim yang kalah adalah mereka yang berhasil terseret ke wilayah lawan atau batas tengah sudah lebih banyak di wilayah lawan.

Berbicara tentang menang dan kalah dalam perlombaan tarik tambang, baru-baru ini viral sebuah video unggahan @bang.tawa yang menampilkan sebuah kegiatan tarik tambang yang diikuti oleh anak-anak. Dalam video terlihat satu tim tarik tambang yang terdiri atas empat orang anak-anak sedang menarik tambang dengan penuh semangat, apalagi bocah paling depan yang hanya mengenakan bokser.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/ChZcF3KFdH3/

Tampaknya dia sangat ingin menjadi pemenang dalam permainan tersebut, sehingga saat mengalami kekalahan, si bocah langsung menangis tersedu-sedu. Ternyata bocah dalam video merasa tak terima karena sudah menarik tambang dengan semangat tetapi tetap kalah. Oleh karena itu beberapa warganet Instagram berkomentar jika semangatnya telah mengkhianati hasil.

"Yah, semangat dikhianati hasil. Gapapa dek, semakin dewasa semakin sering kok kaya gitu. Nanti juga terbiasa," tutur akun @adebaguspangestu.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/ChZcF3KFdH3/

"Begitulah dek, kadang usaha kalo belum saatnya menang ya kalah," komentar akun @ellandranovita.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network