Mayor Teddy Dilantik Jadi Sekretaris Kabinet, Setara Jenderal Bintang 4?

"Mayor Teddy Indra Wijaya dilantik sebagai Sekretaris Kabinet, menandai langkah baru dalam karirnya."

Mayor Teddy Dilantik Jadi Sekretaris Kabinet, Setara Jenderal Bintang 4?

Daftar Isi

Pelantikan Mayor Teddy

Jakarta, – Mayor (Inf) Teddy Indra Wijaya baru saja dilantik sebagai Sekretaris Kabinet (Seskab) oleh Presiden Prabowo Subianto di Istana Negara pada Senin, 21 Oktober 2024. Pelantikan ini merupakan langkah baru dalam karirnya dan menunjukkan pentingnya peran yang akan diemban dalam pemerintahan.

Sebelum menjabat sebagai Seskab, Mayor Teddy bertugas sebagai ajudan pribadi Presiden Prabowo saat menjabat sebagai Menteri Pertahanan di era Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi). Penunjukan ini tertuang dalam Surat Keputusan Presiden Nomor 143P/2024 tentang Pengangkatan Sekretaris Kabinet.

Reaksi di Media Sosial

Penunjukan Mayor Teddy sebagai Seskab langsung mendapat perhatian luas di media sosial. Banyak yang berkomentar bahwa perwira menengah TNI AD ini kini setara dengan jenderal bintang 4. Salah satu pengguna Twitter, @IndraDilianto, menulis, “Gila Mayor Teddy langsung promosi dari mayor jadi seskab (setara jenderal bintang 4). Umur masih 35, sementara teman-teman seangkatannya akmil 2011 masih jabat wadanyon, kasi, kaur.”

Pengguna tersebut juga menambahkan bahwa jabatan Seskab setingkat menteri, sehingga dari segi kepangkatan, bisa disamakan dengan bintang 4.

Penjelasan dari TNI AD

Menanggapi narasi yang beredar, Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad), Brigadir Jenderal (Brigjen) Wahyu Yudhayana, menjelaskan bahwa jabatan Sekretaris Kabinet tidak bisa disamakan dengan jenderal bintang 4. Menurutnya, Seskab berada di bawah Kementerian Sekretariat Negara dan bukan jabatan setingkat menteri.

Brigjen Wahyu menegaskan bahwa Mayor Teddy tidak perlu pensiun dari TNI karena jabatannya sebagai Sekretaris Kabinet adalah penugasan di luar struktur. “Mekanisme prosedur lingkaran TNI AD tetap berjalan. Habis ini dia naik apa, ada periodenya, ada waktunya,” ujarnya kepada awak media. Dia juga menambahkan bahwa sesuai aturan, jabatan Seskab dapat diemban maksimal oleh TNI dengan pangkat Brigjen atau jenderal bintang 1, sehingga perwira menengah seperti Mayor Teddy masih bisa menjabat di posisi tersebut.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network