Mengapa Sanggau Kalbar Dikenal Sebagai Wilayah Rawan Guncangan?

"Gempa di Sanggau, Kalbar, menyebabkan kerusakan. PVMBG mengategorikan daerah ini sebagai rawan guncangan. Apa yang perlu kita ketahui?"

Mengapa Sanggau Kalbar Dikenal Sebagai Wilayah Rawan Guncangan?

Daftar Isi

Gempa Terbaru di Sanggau

Baru-baru ini, tepatnya pada Ahad, 22 September 2024, Kabupaten Sanggau di Kalimantan Barat mengalami gempa bumi dengan magnitudo 4,4. Kejadian ini terjadi pada pukul 03.21 WIB dan pusat gempa terletak di darat dengan koordinat 0,28 derajat Lintang Utara dan 110,15 derajat Bujur Timur.

Penyebab Gempa

Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, gempa ini dipicu oleh sesar aktif. Lokasi pusat gempa berjarak sekitar 51 kilometer arah barat-barat laut dari pusat Kota Sanggau, dengan kedalaman 11 kilometer.

Dampak Gempa

Intensitas guncangan gempa ini berskala II-III MMI, yang berarti hanya dirasakan oleh sebagian orang dan membuat benda-benda yang digantung bergoyang. Beberapa kerusakan ringan terjadi, termasuk di sebuah toko swalayan di mana keramik pada pilar rontok hingga hancur di lantai.

Rekomendasi dari PVMBG

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengategorikan Sanggau sebagai wilayah rawan guncangan. Mereka merekomendasikan agar bangunan di daerah ini menggunakan konstruksi tahan gempa untuk meminimalkan risiko kerusakan. Selain itu, penting untuk memiliki jalur dan tempat evakuasi serta meningkatkan upaya mitigasi struktural dan nonstruktural.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network