Apa saja fitur aksesibilitas terbaru di iOS 18 dan iPadOS 18 untuk disabilitas?

"Temukan 5 fitur aksesibilitas terbaru di iOS 18 dan iPadOS 18 yang membantu pengguna dengan disabilitas. Pelajari cara mengaktifkannya dengan mudah."

Apa saja fitur aksesibilitas terbaru di iOS 18 dan iPadOS 18 untuk disabilitas?

Daftar Isi

1. Pelacakan Mata (Eye Tracking)

iOS 18 dan iPadOS 18 memperkenalkan fitur Pelacakan Mata yang memungkinkan pengguna menavigasi perangkat hanya dengan menggunakan mata. Fitur ini sangat membantu bagi mereka yang kesulitan menggunakan jari untuk menyentuh layar. Setelah diatur, pengguna dapat memilih item hanya dengan menatapnya selama beberapa detik.

Untuk mengaktifkannya, buka Pengaturan > Aksesibilitas > Pelacakan Mata dan aktifkan fitur ini. Pengguna akan diminta untuk mengikuti titik yang bergerak di layar untuk menyelesaikan pengaturan.

2. Haptik Musik (Music Haptics)

Haptik Musik adalah fitur yang memungkinkan pengguna tunarungu menikmati musik melalui getaran. Dengan menggunakan Taptic Engine, perangkat akan menghasilkan getaran yang disinkronkan dengan ketukan lagu. Untuk mengaktifkannya, buka Pengaturan > Aksesibilitas > Haptik Musik.

3. Pintasan Vokal (Vocal Shortcuts)

Pintasan Vokal memungkinkan pengguna untuk mengajarkan iPhone atau iPad mereka mengenali frasa tertentu untuk melakukan tindakan cepat. Ini sangat berguna bagi mereka yang memiliki kesulitan berbicara. Untuk mengatur, buka Aksesibilitas > Pintasan Vokal dan ikuti langkah-langkah untuk merekam frasa yang diinginkan.

4. Isyarat Gerak Kendaraan (Vehicle Motion Cues)

Fitur ini membantu pengguna yang sering mengalami mabuk perjalanan. Dengan mendeteksi gerakan kendaraan, titik-titik animasi akan muncul di layar untuk membantu mengurangi konflik sensorik. Aktifkan melalui Pengaturan > Aksesibilitas > Gerakan > Tampilkan Isyarat Gerakan Kendaraan.

5. Fitur Bantuan Mengetik (Hover Typing)

Hover Typing membantu pengguna dengan gangguan penglihatan dengan menampilkan teks yang lebih besar saat mengetik. Untuk mengaktifkannya, buka Pengaturan > Aksesibilitas > Keyboard & Mengetik > Hover Typing. Pengguna dapat menyesuaikan font dan warna latar belakang untuk kenyamanan lebih.

Dengan berbagai fitur ini, Apple berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman pengguna bagi penyandang disabilitas. Siapa pun dapat mengatur fitur-fitur ini untuk meningkatkan cara mereka menggunakan perangkat.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network